PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KBK


teringat, saat tulisan baru diterima di majalah “Komunikasi” UM

nuril Anwar blog

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KBK
DI MTsN MALANG-I SIAP HADAPI UNAS

OLEH : NURIL ANWAR, S.Pd.

Pembelajaran Bahasa Indonesia KBK dan Unas merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan itu terletak pada kurikulum yang diacu. Unas sesuai dengan jenis bentuk tagihannya cenderung mengacu pada penilaian dalam kurikulum 1975, 1984, 1994, dan kurikulum 1994 saplement 1999 yang semuanya dalam pelaksanaannya masih menempatkan struktur kebahasaan untuk menyiapkan materi pembelajaran dan penilaiannya berorientasi pada diskreminasi siswa, sedangkan pembelajaran Bahasa Indonesia KBK menempatkan kompetensi yang berupa kemampuan untuk memproyeksikan pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai dasar ke dalam kebiasaan berpikir dan bertindak dalam penggunaan bahasa untuk berkomunikasi secara lisan ataupun tulis. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi tamatan, kompetensi umum, dan kompetensi dasar.
Kompetensi Tamatan , yakni kompetensi yang harus dimiliki siswa setelah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu. Kompetensi umum, yakni kompetensi yang harus dimiliki siswa setelah siswa mengikuti mata pelajaran tertentu. Kompetensi dasar(KD), kompetensi-kompetensi pokok yang harus dimiliki siswa pelajaran…

Lihat pos aslinya 1.022 kata lagi

Iklan

Tentang NURIL ANWAR SITE

BLOG INI DISEDIAKAN UNTUK SEMUA ANGGOTA "SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 10 MALANG,": GURU, MAHASISWA, KARYAWAN ATAU INGIN MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIANYA YANG AKAN BERTANGGUNG JAWAB DARI BLOG INI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Pos ini dipublikasikan di LEARNING dan tag . Tandai permalink.