METODE PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA


SUMBER BELAJAR VOCSTEN MALANG

METODE PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN

(Bahan Ajar Mata Kuliah Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia pada Proggram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unsyiah) Oleh Teuku Alamsyah FKIP UNSYIAH 2008i

METODE PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN

BAGIAN I

GAMBARAN UMUM PENELITIAN PEMBELAJARAN BAHASA

1.1 Tujuan Penelitian Pembelajaran Bahasa Penelitian merupakan art and science guna mencari jawaban terhadap permasalahan (Yoseph dan Yoseph dalam Syamsuddin dan Damaianti, 2006:2). Karena merupakan seni dan ilmiah, penelitian memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasikan adanya perbedaan tentang konsep penelitian. Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan bertujuan mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik discovery atau invention. Discovery diartikan sebagai hasil penemuan yang sebetulnya memang sudah ada. Invention dapat diartikan sebagai penemuan hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta. Secara umum tujuan kegiatan penelitian adalah menjelaskan dunia di sekitar kita melalui upaya yang sistematis (Kamil, 1995)…

Lihat pos aslinya 15.406 kata lagi

Iklan

Tentang NURIL ANWAR SITE

BLOG INI DISEDIAKAN UNTUK SEMUA ANGGOTA "SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 10 MALANG,": GURU, MAHASISWA, KARYAWAN ATAU INGIN MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIANYA YANG AKAN BERTANGGUNG JAWAB DARI BLOG INI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Pos ini dipublikasikan di REFERENCES. Tandai permalink.