CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMK KURIKULUM 2013 REV_2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Satuan Pendidikan     : SMK Negeri 10 Malang

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : X / 1

Program Keahlian                  : Semua Program Keahlian

Tema                                       : Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik (teks eksposisi)

Alokasi Waktu                       : 1 pertemuan (2 x 45 menit)

Tanggal Pertemuan               :

 

 

 

  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapakan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

 

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator

 

  1. Kompetensi Dasar

 

3.1     Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

3.3     Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

3.4       Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.1     Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

4.2     Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

4.3     Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

 

  1. Indikator

 

3.4.1 Mengidentifikasi kelengkapan struktur teks eksposisi

3.4.2 Mengidentifikasi ketepatan penggunaan bahasa pada teks eksposisi

3.4.2 Menyimpulkan kekurangan dan kelebihan teks eksposisi[i]

 

4.5.1 Mengubah teks eksposisi menjadi teks pidato

4.5.2 Mengidentifikasi kesesuaian struktur isi dan kaidah teks pidato

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Selama kegiatan belajar di sekolah, peserta didik mau menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Selama proses pembelajaran, peserta didik: tidak menjiplak karya teman.
  3. mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis terhadap masalah yang dikemukakan.
  4. menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain
  5. menyelesaikan tugas tepat waktu.
  6. Setelah membaca teks eksposisi peserta didik mampu:
  7. mengidentifikasi kelengkapan struktur dan ketepatan penggunaan bahasanya.
  8. menyimpulkan kekurangan dan kelebihan teks eksposisi yang dibaca.
  9. Setelah menyelesaikan kegiatan mengevaluasi teks eksposisi, siswa dapat mengabstraksi isi teks eksposisi dalam bentuk peta konsep.
  10. Setelah mengabstraksi isi teks eksposisi kaidah teks eksplanasi, peserta didik dapat mengonversi teks eksposisi menjadi teks pidato sesuai struktur dan kaidahnya.

 

  1. Materi pembelajaran
  2. Teknik mengevaluasi teks eksposisi
  3. Aspek yang dievaluasi
  4. Teknik mengabstraksi menjadi peta konsep
  5. Teknik mengonversi menjadi teks pidato

 

  1. Metode
  2. Pendekatan : Saintifik
  3. Model : Group Investigation
  4. Metode : curah pendapat, diskusi, dan penugasan

 

  1. Media, alat, dan sumber belajar
  2. Media: video bahan motivasi, peta konsep dan LKS
  3. Bahan/alat: LCD, laptop,
  4. Sumber belajar:
  5. Buku Peserta didik (Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik)
  6. com dan situs lain
  7. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan pertama

Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan (10 menit)
  1. Presensi
1 menit
  1. Peserta didik menyimak video motivasi
4 menit
  1. Peserta didik mengamati gambar peta konsep sebagai bahan apersepsi
3 menit
  1. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran
1 menit
  1. Peserta didik menyimak langkah pembelajaran yang akan dilakukan
1 menit
Inti (70 menit)
  1. Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
  2. Peserta didik menerima LKS dari guru
5 menit
  1. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aspek yang dievaluasi dalam teks eksposisi dan contoh peta konsep hasil abstraksi (mengamati)
5 menit
  1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan mengevaluasi dan mengabstraksi teks eksposisi (menanya)
2 menit
  1. Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi kelengkapan struktur dan kebahasaan dalam teks eksposisi manfaat jamu tradisional.
  2. Peserta didik secara berkelompok menilai kelebihan dan kekurangan teks eksposisi Manfaat jamu Tradisional. (menalar)
15 menit
  1. Peserta didik secara berkelompok menyusun peta konsep yang berisi pokok isi teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional (mencoba)
15 menit
  1. Semua kelompok secara bergiliran menyajikan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. (mengomunikasikan)
25 menit
  1. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok penyaji yang berupa masukan maupun sanggahan
  2. Peserta didik menerima penguatan dari guru
3 menit
Penutup (10 menit)
  1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
4 menit
  1. Peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan yang dialami dan bagian yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3 menit
  1. Peserta didik mencatat informasi tugas rumah yaitu mencari teori tentang pidato
2 menit
  1. Doa
1 menit

 

Pertemuan kedua

Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan (10 menit)
  1. Presensi
1 menit
  1. Peserta didik curah pendapat tentang struktur naskah pidato
5 menit
  1. Peserta didik curah pendapat tentang kesulitan yang dialami
2 menit
  1. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran
1 menit
  1. Peserta didik menyimak langkah pembelajaran yang akan dilakukan
1 menit
Inti (70 menit)
  1. Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
  2. Peserta didik menerima LKS dari guru
5 menit
  1. Peserta didik menyimak penjelasan guru langkah mengonversi teks eksposisi menjadi teks pidato (mengamati)
5 menit
  1. Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan mengemengonversi teks pidato (menanya)
2 menit
  1. Peserta didik secara berkelompok merubah argumen dalam teks Manfaat Jamu Tradisional menjadi argumen yang lebih kuat. (menalar)
15 menit
  1. Peserta didik secara berkelompok menyusun teks pidato dengan membuat pembuka dan penutup pidato (mencoba)
10 menit
  1. Beberapa/ semua kelompok secara bergiliran membacakan teks pidatonya di kelas. (mengomunikasikan)
30 menit
  1. Kelompok lain menanggapi kelompok penyaji yang berupa masukan maupun sanggahan
  2. Peserta didik menerima penguatan dari guru
3 menit
Penutup (10 menit)
  1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
4 menit
  1. Peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan yang dialami dan bagian yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3 menit
  1. Peserta didik mencatat informasi pertemuan berikutnya akan diadakan UH
2 menit
  1. Doa
1 menit

 

  1. Penilaian
  2. Teknik dan Bentuk Instrumen
Aspek Bentuk Instrumen Aspek yang Dinilai
Sikap Lembar pengamatan sikap Religius, tanggungjawab, responsif, peduli, dan santun
Pengetahuan Tugas mengevaluasi teks eksposisi Kemampuan mengevaluasi/ menilai kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
Keterampilan Praktik mengabstraksi dan mengonversi teks eksposisi

 

Kemampuan membuat peta konsep dan menulis teks pidato

 

Guru Pendamping,

 

 

 

DEWI ROHMA

 

Malang, 26 oKTOber 2014

Guru Pengajar

 

 

NURIL ANWAR

NIP.19600103198103 1 004

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 10 Malang

 

 

Drs. HARYANTO, M.Pd

NIP. 19640214 198902 1 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 1

  1. Lembar Penilaian Sikap

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN

MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI

 

Petunjuk:

Berikan nilai 1—4 pada daftar nilai sikap siswa sesuai dengan kriteria yang tertera pada poin B.

 

  1. Aspek Penilaian
NO. ASPEK YANG DIAMATI SKOR
1. Selalu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika memaparkan informasi Diisikan pada daftar penilaian sikap peserta didik.
2. Menunjukkan perilaku tidak menjiplak
3. Mengajukan pertanyaan kritis terhadap masalah yang dikemukakan dalam teks eksposisi
4. Menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain
5. Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas

 

  1. Kriteria Penilaian
Skor Indikator
4 jika selalu berperilaku sesuai yang diharapkan
3 jika sering berperilaku sesuai yang diharapkan
2 jika kadang-kadang berperilaku sesuai yang diharapkan
1 jika tidak pernah berperilaku sesuai yang diharapkan.
Nilai : Jumlah skor X 100
20

 

 

 

 

 

 

 

 


LAMPIRAN 2

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

 

Soal

Bacalah teks eksposisi Manfaat Jamu Tradisional yang ada di buku siswa dengan seksama!

  1. Identifikasi kelengkapan struktur dan ketepatan kebahasaan teks tersebut!
  2. Simpulkanlah kelebihan dan kekurangan teks yang kalian baca berdasarkan hasil identifikasimu!

 

MANFAAT JAMU TRADISIONAL

Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.

Walaupun demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih

mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011).

(1) Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila

digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara

pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi

tertentu.

(2) Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat

tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).

(3) Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat

farmakologi.

(4) Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti

diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit

degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan

pikun.

Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih

aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat

memicu penyakit baru.

Kunci

Struktur Tesis: obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih

mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran

Argumen: Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011).

(1) Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila

digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara

pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi

tertentu.

(2)   Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat

tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).

(3) Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat

farmakologi.

(4) Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti

diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit

degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan

pikun.

Penegasan ulang: Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terusmenerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat

memicu penyakit baru.

Bahasa: Persepsi penulis:

  • Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan..
  • Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan..

Sebab akibat: Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat

memicu penyakit baru.

Kelebihan dan kekurangan Teks telah memenuhi struktur teks eksposisi dengan lengkap.

 

 

Rubrik Penilaian menganalisis Teks eksposisi

 

No Aspek yang dinilai Deskriptor Skor
1. Mengidentifikasi kelengkapan struktur Skor 4 jika mampu menemukan semua struktur dengan disertai bukti

Skor 2-3 jika hanya menemukan 2 struktur diserai bukti

Skor 0-1 jika hanya menemukan satu unsur

2. Mengidentifikasi kebahasaan Skor 4 jika mampu menemukan kebahasaan eksposisi dengan disertai bukti

Skor 2-3 jika hanya menemukan beberapa unsur kebahasaan diserai bukti

Skor 0-1 jika tidak menemukan unsur kebahasaan teks eksposisi

3. Simpulan kelebihan & kekurangan Skor 4 jika mampu menyimpulkan kelebihan/ kekurangan teks eksposisi dengan objektif

Skor 2-3 jika mampu menyimpulkan kelebihan/ kekurangan teks eksposisi tidak disertai alasan yang objektif

Skor 0-1 jika tidak menyimpulkan kelebihan dan kekurangan teks eksposisi

Total skor yang diperoleh  

 

Nilai : Jumlah skor X 100
12

 

 


LAMPIRAN 3

Lembar Penilaian Keterampilan

 

Soal 1 (lanjutan soal pengetahuan)

  1. Tuliskan kembali isi teks eksposisi yang kalian baca menjadi sebuah peta konsep!

 

Rubrik Penilaian

No Aspek yang dinilai Deskriptor Skor
1. Kerincian isi Skor 4 jika peta konsep memuat seluruh isi dengan rinci

Skor 2-3 jika isi teks eksposisi yang dimuat kurang rinci

Skor 0-1 jika isi yang dimuat tidak lengkap

2. Ketepatan hubungan antar pokok isi Skor 4 jika hubungan antar pokok isi tepat

Skor 2-3 jika hubungan antar pokok isi kurang tepat

Skor 0-1 jika hubungan antar pokok isi tidak tepat

3. Struktur Skor 4 jika struktur lengkap, sistematis, dan padu

Skor 2-3 jika salah satu syarat di atas kurang

Skor 0-1 jika semua syarat di atas kurang

4. Penggunaan Ejaan Skor 4 jika salah penggunaan ejaan maksimal 5 kesalahan

Skor 3 jika salah   penggunaan ejaan maksimal 6- 10     kesalahan

Skor 2 jika salah   penggunaan ejaan maksimal 11- 15     kesalahan

Skor 0-1 jika  salah   penggunaan ejaan 16 kesalahan ke atas

Total skor yang diperoleh  

 

Nilai : Jumlah skor X 100
8

 


Soal 2

Kemampuan menulis teks pidato

Baca peta konsep yang telah kalian buat!

  1. Buatlah sebuah naskah pidato dengan memperhatikan kelengkapan strukturnya!

Rubrik Penilaian

Aspek Indikator Deskiptor Skor
Pendahuluan:

  1. salam pembuka
  2. ucapan terimakasih
Mampu menulis bagian pendahuluan dengan unsur yang lengkap Skor 4-5 jika unsur pembuka termuat dengan lengkap

Skor 2-3 jika unsur pembuka tidak termuat dengan lengkap

Skor 0-1 jika tidak ada unsur pembuka

Isi:

Memuat tesis dan argumen teks eksposisi

Menulis isi teks pidato dengan memuat tesis dan argumen teks eksposisi yang dikonversi Skor 4-5 jika tesis dan argumen teks eksposisi termuat dengan lengkap

Skor 2-3 jika tesis dan argumen teks eksposisi tidak termuat dengan lengkap

Skor 0-1 jika hanya memuat tesis/ argumen saja

Penutup:

  1. kesimpulan
  2. harapan
  3. salam
Menulis bagian penutup pidato dengan usnur yang lengkap Skor 4-5 jika penutup pidato memuat penegasan ulang teks eksposisi dan unsur pendukung lain dengan tepat

Skor 2-3 jika penutup pidato hanya memuat dua unsur penutup

Skor 0-1 jika tidak ada unsur penutup yang termuat dalam teks pidato

Nilai : Jumlah skor X 100
15

Satu Balasan ke CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMK KURIKULUM 2013 REV_2014

  1. arumabdullah berkata:

    Pembelajaran yg ad di dalam ini tidak lengkap

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s