TRANSPARANSI DALAM PENILAIAN Nuril Anwar, S.Pd.

TRANSPARANSI DALAM PENILAIAN  Nuril Anwar, S.Pd.

BEBERAPA POLA PIKIR YANG MELANDASI 

(1). menurut krathwohl (1961) bila ditelusuri hampir semua tujuan kognitif        mempunyai  komponen afektif. pembelajaran sains,  misalnya, di dalamnya   ada komponen sikap ilmiah. sikap ilmiah  adalah komponen afektif.  peringkat ranah afektif menurut taksonomi krathwohl ada lima, yaitu: receiving  (attending),  responding,  valuing, organization, dan characterization

(2) hasil belajar menurut bloom (1976) mencakup prestasi belajar, kecepatan belajar,  dan hasil afektif. andersen  (1981) sependapat dengan  bloom bahwa karakteristik   manusia meliputi cara yang  tipikal dari berpikir, berbuat,  dan perasaan

(3). penilaian akan lebih transparan bila : ada kreteria penilaiannya yang jelas,  dapat dilakukan oleh siapa saja,  termasuk murid, serta  dilakukan sebelum, pada saat poses berlangsung, saatselesai pembelajaran

(4).  bila : ada instrument penilaiannya yang mengarah transparansi (dapat diukur  dengan menggunakan  diskriptor yang mengacu pada  indikator dari kd  (kompetensi dasar) yang telah dirancang dalam analisis  penjabaran materi evaluasi.

ADA BEBERAPA DASAR HUKUM YANG MELANDASI

(1)UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS

Pasal 58 Ayat (1):

        Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pen-didik untuk memantau proses,  kemajuan, dan  perbaikan hasil belajar peserta  didik secara berkesinambungan  (Enternal Evaluation)

Pasal 58 Ayat (2):

        Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, & program pendidikan dilakukan  oleh   lembaga  mandiri   secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik,  untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.  (External Evaluation)

(2) PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan  Ketentuan  pasal  58 UU  No. 20  Tentang SISDIKNAS, dijabarkan lebih  lanjut dalam Pasal 63 Ayat (1)  PP No. 19 Tahun 2005, sbb.

Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:  a. Penilaian hasil  belajar  oleh pendidik;  b. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;  c. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah

Dari dua hal tersebut di atas sengaja di kutip untuk keperluan penyajian dalam  makalah sederhana ini, yaitu:  penilaian hasil pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran. Penilaian hasil pembelajaran kami contohkan keberadaan rubrik penilaian yang  merupakan salah satu format  penilaian yang transparan, seperti berikut :

1). Beberapa contoh format Penilaian Hasi Pembelajaran

2). Beberapa contoh Format  Penilaian Proses {Pembelajaran

KONSEP PENILAIAN

Evaluasi/penilaian merupakan proses mengumpulkan data/informasi menganalisis  untuk menentukan  “makna” berdasarkan kriteria tertentu  (Sumadi, 1996) Dalam pengumpulan data diperlukan tahapan proses penilaian, yaitu antara lain : Tahap Persiapan: dalam kediatan ini yang kita lakukan yaitu: merumuskan tujuan penilaian /jenis  kaputusan, mendiskripsikan informasi yang didengar, menentukan instrumen yang sesuai, serta menentukan criteria.

Tahap Pengumpulan Data: Tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan pengukuran  (mengangkakan  gejala secara kualitatif dengan alat tertentu melalui  tes atau non tes. Tahap Penilaian: yaitub tahap untuk membandingkan data dengan criteria dan membuat  kesimpulan penilaian. Kesimpulan evaluasi yang diputuskan itu dalm rangka sebagai alat motivator, alat seleksi,  penentuann prestasi,  penempatan atau untuk umpan balik  sesuai dengan tujuan yang telah dipilih(Fungsi Evaluasi). Disamping itu dalam melaksanakan evaluasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan,  yaitu  beberapa Prinsip  Evaluasi, antara lain bahwa evaluasi harus :  bersifat bjektif, Komprehensif, Berkesinambungan, Instrumennya  standard memenuhi syarat, Mengembangkan kreatifitas berbahasa dan berfikir Instrumen   dalam evaluasi yang baik harus memenuhi syarat, a.l. :  Validitas ( Validitas isi, validitas kontruksi,  validitas kriteria), Reabilitas,  Daya beda dan tingkat  kesulitan.   Transparansi dalam penilaian hakikatnya  merupakan kejelasan kritetria yang telah ditentukan sehingga  transparansi dalam masalah ini beberapa karakteristik sebagai berikut :

Transparan dalam penilaian proses pembelajaran & hasil belajar Yang dimaksud transparansi dalam penilaian :

Dapat dilakukan oleh siapapun karena rubriknya jelas bahkan murid pun bias menilai  autentik assismen)

  1. Mengacu pada sistem penilaian kelas.
  2. Berorientasi pada proses pembelajaran buku pada tujuan pembelajaran. Karena itu tidak hanya menilai   hasil kemajuan siswa tapi juga menilai kualitas proses pembelajaran yang dilakukan siswa/guru.
  3. Komponen-komponen yang dinilai mengacu pada diskriptor yang bersumber pada indicator masing-masing kompetensi dasar (spesifikasi indikator)
  4. Menggunakan instrument-instrumen yang berlaku dalam penilaian kelas seperti : portofolio, projek, rubrik penilaian  pengamatan proses, dsb

BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN KELAS  MENGGUNAKAN MULTI METODE &TEKNIK

  1. TES
  2. NON TES: yang meliputi:
  • PRODUK
  • PROJEK
  • PENILAIAN  DIRI
  • PENILAIAN KINERJA
  • SKALA SIKAP DAN PERILAKU
  • PORTOFOLIO
  • RUBRIK penilaian

Catatan:

Pemilihan metode dan teknik disesuaiakan dengan Karakteristik Kompetensi yang akan dinilai penca-paiannya.

  1. TES

TES (FORMAL TEST) TERDIRI DARI:

  • TES TERTULIS
  • TES PRAKTIK/KINERJA
  • TES LISAN

CATATAN:

  • Tes harus dipersiapkan dengan baik;
  • Dilaksanakan dengan baik; dan
  • Diskor secara objektif.
  1. NON TES

1). PRODUK

Penilaian produk adalah penilaian terha-dap  hasil kerja siswa. Aspek penilaiannya  meliputi:

  • Kualitas teknis;
  • Kualitas estetis; dan
  • Proses menghasilkan karya.

Yang dimaksud dengan karya adalah SUATU BEN-DA, karya seni atau hasil pekerjaan tangan  yang  dibuat oleh siswa. Instrumen Penilaian: Daftar Cek atau Skala Rentang

2). PROJEK

Penilaian projek adalah penilaian kinerja siswa berdasarkan tugas yang harus diselesaikan da-lam  jangka waktu tertentu. Instrumen Penilaian: Daftar Cek atau Skala Rentang

PELAKSANAAN PENILAIAN PROJEK:

  1. Tugas  yang  diberikan  dapat  berupa penelitian  seder-hana,   sesuai  dengan  tingkat  usia  dan jenjang pendi-dikan, dimak-sudkan supaya  siswa menemukan  sendiri  pengetahuan atau kompetensi yang ingin diajarkan.
  2. Projek dapat digunakan dalam  penilaian formatif, diag-nostik,  & sumatif.
  3. Penilaian projek dapat berfokus pada  PROSES  dan/atau PRODUK.
  4. Pendekatan penilaian dapat dilakukan secara holistik atau analitik.

 

CONTOH PENILAIAN PROJEK

SISWA DITUGASKAN:

  1. Mengunjungi musium sejarah;
  2. Mempelajari peristiwa latar belakang terjadi-nya perang diponegoro;
  3. Membuat laporan berupa karya tulis (dengan petunjuk yang jelas)

 

ASPEK YANG DINILAI:

  1. SISTEMATIKA LAPORAN (dapat dirinci dalam Bab-bab)
  2. KELUASAN/KELENGAPAN DATA/INFORMASI;
  3. KEDALAMAN PEMBAHASAN;
  4. PENAMPILAN LAPORAN (Bentuk, kerapian, dsb.)
  5. PENGGUNAAN BAHASA (Ejaan, rumusan kalimat, dsb).
  6. FORMAT PENILAIAN  (Daftar Cek atau Skala Rentang)

 

PENILAIAN KINERJA

Penilaian kinerja adalah penilaian yang meminta peserta tes  untuk  mendemonstrasikan & meng-aplikasikan  pengetahuan  dalam berbagai kegi-atan dan konteks, sesuai dengan kriteria  yang diinginkan.

Instrumen Penilaian: Daftar Cek, Skala Rentang, & Portofolio

PORTOFOLIO

Porto polio adalah berkas   kumpulan   dokumen yang re-levan dan dapat memberikan informasi secara utuh tentang kinerja siswa dalam mata pelajaran tertentu

TUJUAN PENGGUNAAN PORTOFOLIO

  1. Menghargai perkembangan yang dialami siswa;
  2. Mendokumentasikan proses pembelajaran;
  3. Memberi perhatian pada prestasi kerja siswa;
  4. Merefleksikan kesanggunpan mengambil resiko dan melakukan eksperimentasi;
  5. Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;
  6. Bertukar informasi dengan orang tua siswa dan guru lain;
  7. Mempercepat pertumbuhan konsep diri positif;
  8. Meaningkatkan kemampuan refleksi diri;
  9. Membantu siswa dalam merumuskan tujuan.

 

PRINSIP PENGGUNAAN PORTOFOLIO

  1. Saling percaya (mutual trust);
  2. Kerahasiaan bersama (confidentiality);
  3. Milik bersama (joint ownership);
  4. Kepuasaan (satisfaction);
  5. Kesesuaian (relevan);
  6. Penilaian proses dan hasil;

FUNGSI PORTOFOLIO

  1. Tempat penyimpanan hasil kerja siswa;
  2. Sumber informasi bagi guru & siswa;
  3. Sebagai alat untuk melihat:
  4. perkembangan tanggungjawab siswa;
  5. perluasan dimensi belajar;
  6. pembaharuan proses belajar-mengajar;
  7. perkembangan pandngan siswa dlm belajar.

 
PERBEDAAN PORTOFOLIO & TES

  1. Dari segi jumlah tugas yang dinilai;
  2. Dari segi penilai;
  3. Dari segi kriteria yang diginakan dalam menilai:
  4. Dari segi kerja sama dalam menilai (kolabiratif);
  5. Dari segi tujuan penilaian diri oleh siswa;
  6. Dari segi aspek yang dinilai;
  7. Dari segi hubungan antara kegiatan pembelajar-an, testing, dan pngajaran.

MERANCANG PENILAIAN PORTOFOLIO

  1. Penentuan Tujuan;
  2. Penentuan isi Portofolio;
  3. Seleksi hasil kerja siswa;
  4. Pengamatan & penilaian;
  5. Kriteria penilaian;
  6. Format penilaian

Penentuan isi Portofolio;

  • Isi portofolio, misalnya: hasil tes, hasil penilaian diri, dsb.
  • Harus berhubungan dengan Kompetensi Dasar dan indi-kator hasil belajar.
  • Menentukan seberapa banyak bahan yang digunakan da-lam penilaian.

 

Pengamatan & penilaian;

  • Membedakan antara penilaian individual & kelompok;
  • Harus sesuai dengan Kompetensi Dasar & Indikator;
  • Memastikan kriteria penilaian dengan benar;
  • Kriteria harus sesuai dengan indikator hasil belajar;
  • Kriteria mencakup rentang kemampuan yang jelas;
  • Kriteria harus mudah dikomunikasikan;
  • Kriteria harus tidak bias;
  • Kriteria harus reliabel.

 

Format penilaian:

  • Disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai siswa;
  • Dapat menggambarkan  dengan  jelas  indikator pencapaian kompetensi.

 
PENERAPAN PORTOFOLIO
Langkah-langkah:

  • Memastikan siswa memiliki berkas portofolio;
  • Pengumpulan bahan;
  • Menyiapkan Buku Catatan Guru;
  • Mengadakan pertemuan portofolio;
  • Melibatkan orang tua;
  • Melibatkan kawan belajar.

 
MEMASTIKAN SISWA MEMILIKI BERKAS PORTOFOLIO:

  • Menentukan bentuk dokumen & hasil kerja;
  • Siswa mengumpulkan dan menyimpan dokumen serta hasil kerja;
  • Menentukan kriteria penilaian;
  • Mengharuskan siswa menilai hasil kerja sendiri;
  • Menentukan waktu pertemuan portofolio;
  • Melibatkan orang tua.

 
PENGUMPULAN BAHAN:

  • Menentukan waktu, kapan dimulai & berakhir;
  • Bahan yang dapat dikumpulkan, misalnya;
  1. penghargaan tertulis dan lisan;
  2. hasil kerja biasa & hasil pelaksanaan tugas;
  3. daftar ringkasan pekerjaan;
  4. catatan sbagai peserta dalam kerja kelompok;
  5. catatan/laporan dari pihak yang relevan;
  6. Catatan/absensi kehadiran;
  7. hasil tes;
  8. catatan peringtan dari guru, dsb.

Menyiapkan Buku Catatan Guru:

  • Berisi catatan tentang identitas dan informasi perkem-bangan siswa, antara lain:
  1. hasil pertemuan portofolio;
  2. cacatan khusus berhubungan dengan perkembangan

siswa sepanjang waktu;

  1. informasi diagnostik;
  2. informasi berkaitan dengan proses pembelajaran.

 
MELIBATKAN ORANG TUA:

  • Pada akhir   semester  atau  akhir  tahun pelajaran, guru mengadakan pertemuan dengan  orang tua untuk  meng-komunikasikan dan memberi kesempatan menyampaikan pandangan,  komentar, dan penilaian   terhadap   kinerja siswa berdasarkan informasi dalam portofolio.

 
ANALISIS HASIL & PELAPORAN

  • Analisis hasil penilaian meliputi:
  1. perkembangan siswa dalam kurun waktu tertentu;
  • hasil kerja siswa berkaitan dengan bakat &

keterampilan khusus;

  1. refleksi nilai siswa dalam berbagai aspek tujuan pembelajaran.

 
PELAPORAN DAN PEMANFAATAN:

  1. Laporan untuk siswa
  2. Unpan balik untuk guru
  3. Laporan untuk orang tua

 
RUBRIK PENILAIAN
Adalah format penilaian hasil atau proses pembelajaran dengan memanfaatkan  deskreptor untuk menjaring skor secara transparan
Beberapa contoh dan blanko rubrik penilaian(Lampiran)
&nbsp
&nbsp
RUBRIK  PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
 
Nama :  . . . .. . .. . . .. . . . . .. . . .
Semester.tagl. :  . . . .. . .. . . .. . . . . .. . . .
Kelas :X
Aspek : Mendengarkan/menyimak
Kompetensi Dasar : Mendengarkan isi, dan menanggapi pembacaan laporan perjalanan
 

No. Aspek yang dinilai Deskriktor Penilaian
Level  1 Level  2 Level  3
1 Sistematika/format mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan ke dalam kerangka mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan ke dalam kerangka secara sistematis mampu menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan ke dalam kerangka secara sistematis dan padu
2 penggunaan bahasa Mampu menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan dengan bahasa yang singkat Mampu menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan dengan bahasa yang singkat dan jelas Mampu menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberikan masukan dengan bahasa yang singkat, jelas, dan komunikatif
3 Kelengkapan isi dan urutan isi mampu menangkap pokok-pokok laporan perjalanan secara lengkap meskipun belum berurutan mampu menangkar pokok-pokok laporan perjalanan secara lengkap dan berurutan namun masih ada pokok-pokok yang tidak sesuai dengan tema mampu menangkar pokok-pokok laporan perjalanan secara lengkap dan berurutan sesuai dengan tema laporan

Keterangan
Level 1 =  rentang nilai  65   s.d  74
Level 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84
Level 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100
 

Level Jumlahnilai Rata-rata nilai
1
2
3

Malang,  ……………………
Korektor,
 
 
 
…………………………………
RUBRIK  PENILAIAN HASIL
 
Mata pelajaran  :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
Aspek : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kompetensi Dasar : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
K1K2K3S1S2S3B1B2B3

NO. DESKREPTOR PENILAIAN NILAI
1                    
2                    
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15

Keterangan
K 1 =  rentang nilai  65   s.d  74
K 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84
K 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100
S 1 =  rentang nilai  65   s.d  74
S 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84
S 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100
B 1 =  rentang nilai  65   s.d  74
B 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84
B 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
SKOR Jumlahnilai
SKOR Jumlahnilai
SKOR Jumlahnilai

Malang,…………………………
Korektor,
………………………….
RUBRIK  PENILAIAN HASIL
 
 
 
Mata pelajaran  : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Aspek : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
 

No. Aspek yang dinilai Deskriktor Penilaian
Level 1 Level 2 Level 3
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

Keterangan
Level 1 =  rentang nilai  65   s.d  74
Level 2 =  rentang nilai 75 s.d. 84
Level 3 =  rentang nilai 85 s.d. 100

Level Jumlahnilai Rata-rata nilai
1
1
1

Malang,…………………………
Korektor,
………………………….


RUBRIK  PENILAIAN  PROSES PEMBELAJARAN

Mata pelajaran  :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nama :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Semester.tagl. :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Aspek :.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kompetensi Dasar :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

NO. ASPEK YANG DINILAI DESKREPTOR PENILAIAN NILAI
1 2 3 4 5 6
1 KEAKTIFAN              
1.1   Mampu/tidak menjawab pertanyaan teman
1.2   (Mampu/kurang/tidak) mengerjakan tugas yang diberikan guru
1.2 (Mampu/kurang/tidak) bertanya saat mengikuti pembelajaran
1.2  
2.1   (Mampu /tidak/kurang) menanggapi pertanyaan  yang diajukAN.
2.1 (Mampu/kurang/tidak) menanggapi hasil tugas teman
3 KREATIVITAS  
3.1   (Mampu/kurang/tidak mampu) mempresentasikan tugasnya di depan kelas
3.2   (Mampu/kurang/tidak mampu) menjawab pertanyaan teman dalam presentasi di depan kelas

Keterangan
1 =  rentang nilai  40   s.d  50
2 =  rentang nilai 51 s.d. 60
3 =  rentang nilai 61 s.d. 70
4 =  rentang nilai  71   s.d  80
5 =  rentang nilai 81 s.d. 90
6 =  rentang nilai 91 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
K
S
S

Malang. . . . . . . . . . . ………….
Korektor,
. . . . …… . . . . .. . . . . .

RUBRIK  PENILAIAN  PROSES PEMBELAJARAN
 
 
Mata pelajaran                :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Nama : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Semester.tagl. : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas :.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Aspek :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kompetensi Dasar : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

NO. ASPEK YANG DINILAI DESKREPTOR PENILAIAN NILAI
1 2 3 4 5 6
1 KEAKTIFAN   1 2 3 4 5 6
1.1     
 
 
1 2 3 4 5 6
1.2     
 
 
1 2 3 4 5 6
2 RESPON   1 2 3 4 5 6
2.1     
 
 
1 2 3 4 5 6
2.1
 
 
1 2 3 4 5 6
3 KREATIVITAS   1 2 3 4 5 6
3.1     
 
 
1 2 3 4 5 6
3.2     
 
 
  1 2 3 4 5 6

Keterangan
1 =  rentang nilai  40   s.d  50
2 =  rentang nilai 51 s.d. 60
3 =  rentang nilai 61 s.d. 70
4 =  rentang nilai  71   s.d  80
5 =  rentang nilai 81 s.d. 90
6 =  rentang nilai 91 s.d. 100

SKOR Jumlahnilai Rata-rata nilai
K
S
B

Malang,  . . . . . . . . . .
Korektor,

. . . . …… . . . . .. . . . . . . .


FORMATREKAP PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN
 
Mata Pelajaran :  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas/Prpgram :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kompetensi Dasar : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

No. Nama Siswa Aspek
Keaktifan Respon Kreativitas Nilai Rata2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
<b22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38

 
Malang,  . . . …………………… .
Guru/Kolaborator,
 
 
____________________
 

DAFTAR NILAI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

KELASX OTR/SMT 2 KKM : 7.50
MATA PELAJARAN:BAHJASA INDONESIA

No Nama NILAI
NP SK 1 NP Rata2
MENYIMAK BERBICARA MEMBACA MENULIS Men Berb Memb menl
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
30

Malang,
Guru Mata Pelajaran


NIP.

Satu Balasan ke TRANSPARANSI DALAM PENILAIAN Nuril Anwar, S.Pd.

  1. Ping balik: TRANSPARANSI DALAM PENILAIAN Nuril Anwar, S.Pd. | NURIL ANWAR SITE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s